Sahabat Umar ra. telah berkata: “Sesungguhnya anak turun syaithan, yakni anak-anak Iblis yang bernama ‘Azazil berjumlah sembilan, yaitu: Zalitun, Watsin, Laqus (dikatakan juga dengan Laqis), A’wan, Haffaf, Murroh (sehingga Iblis dijuluki Abu Murroh), Masuth, Dasim dan Walhan.

1. Zalitun adalah pemilik pasar-pasar dan dia mendirikan bederanya di sana. Menurut sebagian ulama, Zalitun ini disebut dengan Zallanbur. Dia di setiap pasar menghiasi para penjual dengan pekerjaan yang tidak berfaedah, sumpah palsu, memuji barang dagangan dan berbuat curang dalam takaran dan timbangan. Dalam kamus disebutkan bahwa tugas Zallanbbur adalah untuk memisahkan antara seseorang dengan keluarganya dan agar seseorang melihat cacat keluarganya.

2. Watsin adalah pemilik musibah-musibah. Dikatakan bahwa syaithan musibah itu namanya Tabrun. Dia menghiasi teriakan-teriakan, menampari pipi dan lainnya.

3. A’wan adalah pemilik penguasa yang menghiasi mereka dengan perbuatan-perbuatan dhalim.

4. Haffaf adalah pemilik minuman-minuman keras yang memabukkan.

5. Murroh adalah pemilik seruling-seruling dan menghiasi orang yang meniup seruling.

6. Laqus adalah pemilik orang Majusi. Dikatakan bahwa Laqis dan Walhan adalah pemilik bersuci dan shalat dan keduanya yang memberikan waswas dalam bersuci dan shalat.

Sebahagian dari para ulama menuturkan ganti dari ketiga syaithan di atas dengan tiga syaithan yang lain, yaitu:

1. A’war, yaitu syaithan zina yang meniup pada istri orang laki-laki dan suami orang perempuan untuk berbuat zina.

2. Wasnan, yaiitu syaithan tidur yang membuat berat kepala dan kelopak mata untuk bangun melakukan shalat dan lainnya, dan membangunkan untuk berbuat jelek seperti zina dan lainnya.

3. Abyadl, yaitu syaithan yang ditugaskan untuk menggoda para nabi dan para wali. Adapun para nabi, mereka telah mengetahuinya; sedangkan para wali, mereka berjuang untuk melawannya. Barangsiapa yang diselamatkan oleh Allah, maka selamatlah dia; dan barangsiapa yang disesatkan oleh Allah, maka tersesatlah dia.

7. Masuth atau Mathun adalah pemilik khabar-khabar bohong. Dia meletakkan khabar-khabar bohong di mulut-mulut manusia, sedang mereka tidak mendapatkan sandaran dari khabar-khabar tersebut.

8. Dasim adalah syaithan pemilik rumah-rumah. Apabila seseorang yang masuk rumah tanpa mengucapkan salam kepada keluarganya dan tidak menyebut asma Allah ta’ala, maka dia letekkan di antara mereka pertengkaran dan perselisihan di antara mereka sehingga terjadi perceraian, khulu’ (talak tebus) dan pukulan. Artinya Dasim itu berusaha untuk mengobarkan permusuhan di antara suami isteri, agar dapat menceraikan antara keduanya. Dikatakan bahwa Dasim itu adalah nama dari syaithan makanan yang ikut makan bersama manusia dan ikut masuk rumah jika orang yang makan tidak menyebut nama Allah pada waktu makan dan pada waktu masuk rumah. Dia ikut tidur di atas tempat tidur dan ikut memakai pakaian jika pakaian yang dipakai tersebut dilipat dan tidak menyebut nama Allah pada waktu tidur dan memakai pakaian.

9. Walhan adalah syaithan yang memberikan waswas seseorang pada waktu wudlu, shalat dan ibadah-ibadah. Dikatakan bahwa Walhan itu adalah yang membuat waswas seseorang pada waktu wudlu dengan menguasai manusia untuk banyak mempergunakan air.

Diriwayatkan dari sahabat Ali ra., dari Rasulullah saw. bahwa beliau bersabda:

لِلْوُضُوْءِ شَيْطَانٌ يُقَالُ لَهُ الْوَلْهَانُ فَاتَّقُوْهُ ــــ أَوْ قَالَ ـــ فَاحْذَرُوْهُ

Artinya: “ Bagi wudlu itu ada syaithan yang disebut Walhan, karena itu takutlah kamu sekalian kepadanya — atau beliau bersabda – karena itu hindarilah olehmu sekalian syaithan tersebut!”.

Adapun yang membuat waswas pada waktu shalat, namanya adalah Khanzab sebagaimana disebutkan dalam kamus.

About these ads

Tentang taqiyyuddinalawiy

Sesungguhnya Allah melihat hatimu bukan tampangmu, karenanya bersihkan hatimu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s